Jumat, 24 Mei 2013

Ketika Mimpi Menyeramkan ?


Mimpi bisa dibilang wajar, bahkan bisa menyenangkan. Tapi, mimpi juga bisa menjadi hal yang ditakuti atau tidak mengenakan. Nahh… apa yang harus diperbuat jika kita mengalami hal seperti itu ???
Simak fatwa ulama kita !
S
eorang bertanya kepada Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullah dengan persoalan yang dialaminya. Orang itu menanyakan bagaimana sikap kita jika kita setelah bermimpi dan memimpikan hal yang buruk dengan kehidupannya ? Setelah itu orang yang bertanya tadi menceritakan semua mimpi yang ditimpanya kepada Syaikh Bin Baz rahimahullah.

            Kemudian beliau memberikan jawaban,
“Disyari’atkan/dituntunkan kepada orang yang bermimpi sesuatu yang buruk yang tidak disukai untuk meludah ke sebelah kirinya 3 kali saat ia mulai terbangun (sadar). Lalu memohon perlindungan dari Allah Ta’ala dari gangguan setan dan mimpi buruk yang dialaminya. Dengan begitu mimpi tadi InsyaAllah tidak akan membahayakan orangnya.
Kemudian, hendaknya tidak menceritakan kepada orang yang ada disekitarnya. Karena Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam memerintahkan orang yang memimpikan sesuatu yang buruk/tidak disukai agar tidak melakukan hal diatas.
Jika seseorang itu bermimpi yang menyenangkan, maka hendaknya ia memuji Allah atas mimpi yang menyenangkan tadi. Dan juga tidak menceritakannya  kecuali kepada orang yang senang mendengarnya. Demikianlah, sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits shahih dari Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).
Source:
Majalah ElFata edisi 04 vol.09- 2009
Kitab ad-Da’wah, al-Fatawa, Syaikh Ibnu bin Baz, hal 262

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

hasanalinayah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template