Rabu, 10 April 2013

Tipe-tipe generasi muda

  





Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah meilmpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita tetap istiqomah di jalannya. Allah Rabb semesta alam, Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah.

   Shalawat serta salam senantiasa kita agungkan kepada Nabi kita, Nabi Muhammad  shallallahu ‘alaihi wasallam. Dan tak lupa pula kepada keluargra beliau, para sahabat, para tabi’in, tabi’ut tabi’in, dan kita pengikutnya hingga yaumul qiyamah nanti. Ajmaiin.
   Dimasa modern ini banyak para remaja yang saling bersaing untuk mendapatkan teman sebanyak banyaknya. Padahal pada dasarnya mencari teman perlu tindakan kolektif yang nantinya akan mengantarkan kearah manisnya pertemanan. Saya sebagai penulis hanya memberI peringatan dan mengajak kepada generasi muda zaman sekarang untuk pandai-pandai mencari teman. Teman yang sifatnya untuk dunia dan akhirat adalah teman yang sejatinya kita cari dalam mengarungi kehidupan dunia ini.
   Boleh kita tengok sedikit ke belakang, banyak generasi muda Zaman sekarang yang bergaul tanpa mengenal batas. Akibatnya adalah terjadi banyak tindakan kebodohan dan kemaksiatan yang terjadi akhir-akhir ini. Tawuran….
   Hal yang sudah banyak didengar  ditelinga masyarakat saat ini. Itu bukanlah tindakan orang dewasa maupun orang-orang sepuh. Tetapi itu adalah tindakan para remaja (pemuda) yang salah arah. Mereka terdorong melakukan tindakan seperti itu karena mencari popularitas dan jati diri. Tak lupa pula godaan dari teman yang membujuk untuk bertindak ngawur dalam melampiaskan kelebihan mereka.
   Kini tradisi tawuran tidak hanya terjadi dikalangan antar suku, etnis maupun kelompok. Tetapi sudah merambat ke para pelajar. Khususnya untuk para pelajar SMA dan SMP yang kinii sudah menjadikan tawuran sebagai hobii sambilan mereka. Mereka inilah generasi perusak bangsa dan agama.
   Kurangnya pengetahuan dan penanaman moral akhlak agama kepada pelajar saat ini juga berpengaruh keras dalam tingklah laku pelajar saat ini. Berikut ini adalah pengelompokkan generasi muda untuk zaman ini :

1.    Generasi Terbaik dan Kriterianya
*    Taat dan Dekat dengan Allah Ta’ala.
Ketaatan dan kedekatan dengan Allah Ta’ala adalah sumber energy tanpa batas. Merasa dekat dengan Allah, seakan-akan Allah mengawasinya setiap saat.
*    Optimis dan Pantang menyerah.
Optimis dan pantang menyerah adalah karakter seseorang yang tidak berhenti karena rintangan, tidak berpaling karena godaan juga tidak mundur karena ujian.
*    Daya pikir yang kuat
Daya pikir adalah kemampuan untuk menganalisis/mengidentifikasi permasalahan dengan cermat dan tanggap, kemudian dapat mengambil tindakan atau solusi dengan cepat.

2.    Generasi Menengah dan Kriterianya
*    Tidak punya Pendirian.
Dia tidak punya kekokohan pendirian, diajak siapapun untuk apapun ikut. Orang yang tidak punya pendirian hanya ikut apa kata orang dan suka meniru saja padahal apa yang diikutinya belum jelas dan belum tentu benar.
*    Mudah menyerah.
Mereka adalah orang yang mudah menyerah karena kekuatan mereka terletak pada kata-kata orang lain. Pekerjaannyapun akan setengah-setengah.


3.    Generasi Lemah dan Kriterianya
*    Malas dan menunda-nunda.
Malas tidak hanya dalam hal beribadah atau beraktifitas, tapi juga malas dalam meningkatkan kualitas diri. Suka menunda kewajiban yang diemban dalam melaksanakan tugas. Yang banyak ditemui sekarang adalah MALAS BELAJAR AGAMA.
*    Menyukai hura-hura.
Hura-hura adalah segala kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan kegiatan yang sangat tidak bermanfaat sama sekali.
*a    Pendukung setia kemaksiatan
Bikin keributan, jadi ketua gank hura-hura, mengejek orang yang taat kepada Allah dan sejenisnya adalah kegiatan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers

hasanalinayah Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template